Referensi

Jasa Web Design

Sunday, December 2, 2007

Transmigran Dapat Insentif Rp 50 Juta

JAKARTA - Program pemerintah ini layak dipertimbangkan masyarakat yang hidup susah di Pulau Jawa. Tahun depan, pemerintah menyiapkan anggaran Rp 550 miliar sebagai insentif untuk 11 ribu kepala keluarga transmigran yang akan ditempatkan. Dengan demikian, setiap kepala keluarga diberi insentif Rp 50 juta jika bersedia menjadi transmigran.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Erman Suparno mengatakan, dana tersebut diharapkan mencukupi kebutuhan selama lima tahun pertama tinggal di kawasan transmigrasi. "Insentif ini, selain sebagai jaminan hidup, dapat digunakan untuk pembangunan rumah serta membeli alat perlengkapan rumah tangga," ujar Erman dalam rapat konsultasi dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (30/11).

Setiap keluarga transmigran juga akan mendapatkan jatah lahan pertanian 10-15 hektare yang dapat dikembangkan sebagai Hutan Tanaman Rakyat (HTR) maupun perkebunan. Komoditas unggulan yang layak dikembangkan di areal transmigrasi, antara lain, kelapa sawit, kakao, jarak pagar, dan jagung. "Dengan program pelepasan kawasan hutan dalam rangka program transmigrasi, para transmigran akan mendapatkan lahan konversi selama 100 tahun," katanya.

Sepanjang kurun waktu 2004-2006, pemerintah telah menempatkan 37.906 kepala keluarga transmigran di sejumlah unit permukiman transmigrasi. Jumlah tersebut setara dengan penyediaan lapangan kerja bagi 66.335 tenaga kerja di lokasi transmigrasi serta 265.342 tenaga kerja di luar lokasi transmigrasi.

Tahun depan, pemerintah menargetkan mampu menempatkan 10.250 kepala keluarga transmigran yang diproyeksi memberikan lapangan kerja bagi 17.937 tenaga kerja di dalam lokasi transmigrasi serta 71.750 tenaga kerja di luar lokasi transmigrasi. "Pada 2007, penempatan transmigran akan dilakukan di lima kabupaten. Untuk tahun depan, transmigran akan ditempatkan di sebelas kabupaten," kata menteri asal PKB itu.

Selain meningkatkan produktivitas pertanian, program transmigrasi sekaligus menyediakan perumahan sederhana. Sebagai ilustrasi, Depnakertrans akan membangun 82 ribu unit rumah sederhana di UPT transmigrasi dalam dua tahun ke depan

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com