Referensi

Jasa Web Design

Tuesday, December 4, 2007

UNCCC Jangan Sebatas Wacana

Nusa Dua - Konferensi internasional mengenai perubahan iklim (UNFCCC) yang diadakan di Bali seharusnya tidak berlama-lama berkutat di dalam wacana saja. Harus ada langkah nyata mencegah perubahan iklim.

Head Of Knowledge Center dari Perhimpunan Pelestarian Burung Indonesia (Burung Indonesia) William M Rombang yang menjadi peserta mengatakan sudah seharusnya UNCCC memulai gerakan pelestarian hutan.

"Sudah seharunya ada realisasi nyata, jangan hanya sebatas wacana yang terus menerus dibahas. Waktu terus berjalan dan hutan kita semakin berkurang," tuturnya kepada detikcom di sela konferensi UNCCC di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Senin (3/11/2007).

Burung Indonesia sejak 2003 melakukan usaha menjaga kelestarian hutan di NTB dan juga hutan di kawasan Timur Indonesia. William membagi pengalamannya dalam usaha pelestarian hutan dengan mengajak masyarakat dan pemda setempat bekerjasama.

"Kita harus memberikan pemahaman dasar kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian hutan secara mendasar, lalu kita juga harus menjadi jembatan antara masyarakat dan Pemda sehingga tujuan kita tercapai," ujarnya.

Ditambahkannya, pelestarian hutan tidak perlu menunggu Protokol Kyoto usai pada 2012. "Karena kalau menunggu, hutan kita semakin berkurang sehingga penyerapan CO2 di udara tidak maksimal," jelasnya.


Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com