Referensi

Jasa Web Design

Wednesday, December 5, 2007

Nusa Dua: Negara-negara kaya didesak untuk meningkatkan penyaluran dana adaptasi untuk perubahan iklim bagi negara-negara miskin.

Menurut LSM Internasional Oxfam, saat ini mereka hanya mengalokasikan dana sebesar US$ 67 juta kepada the Least Developed Countries Fund (LDCF). Angka tersebut lebih kecil dari dana yang dibelanjakan orang Amerika untuk membeli losion pelindung matahari selama satu bulan.

”Angka itu sangat menghina,” kata aktivis Oxfam Charlotte Sterrett di sela-sela Konferensi Perubahan Iklim di Nusa Dua Bali. “Ini bukan sekedar bantuan, ini tentang bagaimana negara-negara kaya yang melakukan pencemaran bertanggungjawab menutupi kerugian yang dialami oleh mereka yang sangat rentan," ujarnya tegas.

Oxfam memperkirakan paling sedikit dana sebesar US$ 1-2 miliar harus segera disalurkan sekarang juga untuk kebutuhan adaptasi yang dilaksanakan negara-negara berkembang.

Laporan yang disusun Oxfam menggarisbawahi ketidakadilan yang dialami negara-negara miskin yang telah membayar dampak pembangunan industrial yang dilakukan negara-negara maju. Masyarakat yang rentan terhadap dampak itu telah menderita karena kekurangan air dan makanan, didera kemiskinan yang semakin parah karena perubahan cuaca yang tidak menentu yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com