Referensi

Jasa Web Design

Friday, December 14, 2007

Jakarta: Kepolisian Indonesia dan Malaysia melakukan kerja sama untuk mengatasai kejahatan di perbatasan kedua negara.

"Peningkatan kerja sama polisi melalui Joint Police Cooperation Committee (JPCC) mengatasi kegiatan kriminal lintas batas," ujar Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono dalam pesan singkatnya kepada Tempo di Jakarta, Jumat (14/12).

Juwono menekankan perlunya mewaspadai kemungkinan kegiatan-kegiatan ilegal ditunggangi teroris atau kelompok lain yang menggunakan kekerasan di sepanjang perbatasan. "Terutama kegiatan sindikat penyelundupan senjata dan narkotika," kata Juwono melalui siaran pers.

Untuk meningkatkan kerja sama polisi kedua negara ini, forum JPCC disejajarkan dengan Coordinated Operations Control Committee, Jawatan Kuasa Latihan Bersama, dan Kelompok Kerja Sosio-Ekonomi.
Kerja sama ini merupakan salah satu hal yang dibahas dalam Sidang ke-36 General Border Committee Malaysia-Indonesia (GBC Malindo). Juwono dan Menteri Pertahanan Kerajaan Malaysia Dato' Sri Mohd Najib Bin Tun Haji Abdul Razak mengetuai sidang yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dengan kerja sama ini, kata Juwono, GBC diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan sepanjang wilayah perbatasan.

Sidang yang rutin dilakukan setiap tahun ini juga membahas keselamatan di Selat Malaka yang menjadi lalu lintas internasional. Kedua negara telah melakukan tindakan-tindakan proaktif yang dilaksanakan secara terkoordinasi.

Tun Abdul Razak dalam rilis juga berharap kerja sama ini dapat menyelesaikan kesalahpahaman dan meningkatkan kerja sama pemberantasan kegiatan yang melanggar undang-undang.

Menurut Tun Abdul Razak, GBC Malindo telah mencapai banyak kemajuan yaitu peningkatan latihan bersama antara angkatan bersenjata kedua negara, pemantapan prosedur, dan pembangunan di perbatasan bersama Sabah-Serawak.

Sidang GBC yang diikuti oleh 19 orang delegasi dari masing-masing negara ini, menurut Juwono, juga menghasilkan kesepakatan untuk merevisi perjanjian 1984 di bidang ekonomi dan perdagangan Kalimantan-Serawak.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com