Referensi

Jasa Web Design

Saturday, December 15, 2007

SBY Bertemu Sekjen PBB

Nusa Dua:Alotnya negosiasi dalam melengkapi "Bali Road Map" dan mundurnya jadwal penutupan Sidang Pleno Konferensi Para Pihak (COP) 13 Konvensi Kerangka Perubahan Iklim PBB membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar pertemuan khusus dengan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Pertemuan digelar setelah Sekjen Ban kembali dari lawatannya ke Timor Leste. Padahal semula dia akan bertolak ke New York. Begitu tiba di Bali, Ban segera bergegas menemui Yudhoyono di lantai 3 Hotel Westin di Kompleks Bali International Convention Centre, Nusa Dua, pukul 9.30 WITA.

Belum jelas apa isi pembicaraan antara Presiden Susilo Yudhoyono dengan Sekjen Ban Ki-moon. Kedua belah pihak juga belum memberikan keterangan secara resmi. Adapun Sekretaris Jenderal UNFCCC Yvo de Boer emoh berbicara. Dia cuma geleng-geleng kepala saat diserbu wartawan. "No," katanya.

Konferensi Perubahan Iklim ini molor satu hari dari jadwal semula. Dijadwalkan sidang akan mengumumkan "Bali Road Map" pada Jumat (14/12) malam kemarin atau Sabtu (15/12) pagi pukul 08.00 WIT. Tapi nyatanya hingga pukul 13.00 WITA sidang pleno belum menghasilkan apa-apa.
"Belum ada yang jelas nih," kata salah seorang peserta asal Indonesia, sembari ngeloyor.

Padahal Kartu Identitas ke UNFCCC pun tak lagi berfungsi. Maklum di kartu tertulis: Batas validity: 02-12-2007/14-12-2007. Meski begitu pengamanan tetap ketat. Polisi PBB dibantu Polri, dan Pasukan Pengamanan Presiden nampak hilir mudik memantau keadaan. Beberapa akses masuk pun ditutup.

Polisi juga masih nampak berjaga-jaga beberapa hotel yang pernah dijadikan sebagai tempat pertemuan seperti Grand Hyatt serta Ayodya. Suasana di kompleks BICC pun terlihat lebih lengang jika dibandingkan dengan hari sebelumnya. Tak ada antrean di pos pemeriksaan dan delegasi yang hilir mudik. Justru wartawan yang kini hilir mudik menunggu hasil sidang pleno.

Tidak terlihat pula ritual aksi yang biasa digelar di pagi hari oleh para aktivis dalam dan luar negeri. Kecuali atraksi asap rokok yang dihembuskan wartawan dan peserta sidang yang tengah membunuh waktu di depan lobi BICC.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com