Referensi

Jasa Web Design

Sunday, December 16, 2007

SMF Terbitkan Obligasi Maret 2008

Jakarta:PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) akan menerbitkan obligasi senilai Rp 200 miliar sebelum akhir kuartal I 2008. Dana yang dihimpun akan digunakan untuk membangun pasar perumahan sekunder di Indonesia.

"Kami akan terbitkan obligasi pada Maret 2008, " ungkap Direktur Utama SMF Erica Soeroto dalam Media Workshop di Hotel Novotel, Minggu (16/12).

Ia menjelaskan, penerbitan obligasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah mismatch funding di sektor perumahan. Sejatinya SMF akan mensekuritisasi hak tagih KPR BTN senilai Rp 500 miliar untuk menghimpun dana segar kepada perbankan. Namun rencana ini urung dilakukan karena pemerintah belum menyediakan payung hukum yang dibutuhkan pasar.

"SMF tak mau menunggu (keluarnya aturan)," tegas dia. Karenanya, lanjut dia, SMF meminjamkan dananya kepada perusahaan multi finansial. Ia mengungkapkan, penekenan perjanjian kerja sama dengan dua perusahaan asuransi yang akan menjadi peminjam pertama dari hasil obligasi untuk membangun pasar perumahan sekunder. Namun ia menolak menyebut nama perusahaan itu.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84 Tahun 2006 memperbolehkan perusahaan multi finansial masuk ke dalam bisnis KPR. Menurut Direktur Pengembangan Bisnis SMF Paulus Nurwandono, peraturan itu baru disahkan pada akhir 2006 sehingga tak sempat dimasukkan ke dalam rencana bisnis perusahaan. "Untuk 2008, sudah banyak multi finance yang mengajukan proposal untuk mengambil KPR," kata dia secara terpisah.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com