Referensi

Jasa Web Design

Monday, December 17, 2007

Xanana Ultimatum Reinado

TEMPO Interaktif, Dili: Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menjatuhkan ultimatum kepada Alfredo Reinado Alves, mantan komandan Polisi Militer yang kini memimpin kelompok pemberontak, untuk kesempatan terakhir berdialog. Bila kesempatan itu dilewati, maka Reinado akan langsung ditangkap.

Xanana menjatuhkan ultimatum ini karena Reinado dan pemimpin tentara petisi Salsinha Gastao tidak menempati janjinya untuk turun ke Dili dan bertemu Xanana di kantor pemerintah kemarin. Padahal, Xanana sudah menunggunya bersama anggota pemerintah lainya.

Presiden Jose Ramos Horta juga mengecam sikap Reinado itu dan meminta dia tidak lagi menolak inisiatif Xanana untuk bedialog. Kalau tidak, kata peraih Nobel Perdamaian itu, pintu dialog akan ditutup untuk Reinado.

"Saya mau turun dengan Salsinha Gastao. Rencana saya sudah mantap untuk berdialog dengan Xanana. Namun, setelah saya pikir-pikir, saya khawatir Xanana mengkhianati saya. Aparat bisa menangkap saya saat berdialog," kata Reinado kepada Tempo dari persembunyiannya di pegunungan Distrik Ermera.

Ultimatum Xanana dibalas Reinado dengan ancaman. Reinado mengingatkan warga Timor Leste untuk meninggalkan Kota Dili pada Januari tahun depan. "Kalau masalah kami belum ada solusi, saya akan turun Dili untuk menghadapi pemimpin dan pelaku krisis politik dan militer," kata Reinado.

Horta menyesali ancaman itu. "Kalau Reinado mau darah kembali mengalir di negeri ini, rakyat sendiri yang akan turun melawannya," katanya.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com