Referensi

Jasa Web Design

Tuesday, December 18, 2007

TEMPO Interaktif, Jakarta:Kepastian pelaksanaan pengalihan premium oktan 88 bersubsidi akan ditentukan pada 1 Januari 2008.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengatakan, hingga saat ini belum ada keputusan mengenai pelaksanaan pengalihan premium. "Kami masih punya beberapa waktu untuk menyelesaikan ini sebelum 1 Januari," kata Purnomo di Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Selasa (18/12).


Menurut Purnomo, sampai saat ini pemerintah belum memastikan opsi mana yang akan dijalankan. Seperti diketahui, ada beberapa opsi pengalihan premium, yaitu dari oktan 88 ke oktan 90, serta dari oktan 88 ke oktan 92 dan 94 (pertamax). "Belum diputuskan yang mana. Bisa go, bisa not go," ujarnya.

Purnomo mengaku telah menerima pernyataan siap dari Pertamina. Meskipun demikian, Purnomo menjelaskan, ada beberapa pertimbangan yang dilakukan inter departemen, yaitu pertimbangan ekonomi, sosial dan politik. Opsi pengalihan dipicu dari harga minyak mentah sempat melambung hinggga US$ 100 per barel. Namun, harga minyak mentah mulai turun hingga kisaran US$ 88 per barel.

Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero), Suroso Atmomartoyo mengatakan Pertamina sanggup produksi oktan 90 di kilang mana saja. "Tak masalah itu, kami siap kapan saja, tergantung pemerintah," kata Suroro di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta, akhir pekan lalu.

Masalah pengolahan premium oktan 88 ke oktan 90, kata dia, hanya mengubah komposisi pencampuran (blending). Menurut Suroso, untuk mengolah premium oktan 88 ke angka oktan lebih tinggi hanya diperlukan High Octan Mogas Component (HOMC).

Rencananya, premium oktan 90 akan didistribusikan ke SPBU yang ditentukan sebagai wilayah pengalihan premium, misalnya SPBU di jalan tol, jalan protokol dan perumahan elit di wilayah Jabodetabek. SPBU di jalan tol, rencananya hanya akan menjual premium oktan 90. SPBU di jalan protokol menjual premium oktan 88 dan oktan 90. Sedangkan SPBU di wilayah perumahan elit hanya akan menjual premium oktan 90. Sehingga kendaraan umum dan sepeda motor yang berhak mengkonsumsi premium oktan 88. Sedangkan premium oktan 90 atau pertamax dikonsumsi kendaraan pribadi.


Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com