Referensi

Jasa Web Design

Friday, December 21, 2007

Waspadai Banjir Akibat Pasang

Jawatan Hidro Oseanografi TNI-Angkatan Laut memperingatkan bahaya banjir akibat gelombang pasang pada kurun tanggal 22 hingga 26 Desember nanti. Naiknya permukaan air laut ditambah tiupan angin bisa kembali merendam kawasan pesisir Jakarta.

Menurut Kolonel (Laut) Dede Yuliadi, Kepala Subdinas Penerapan Lingkungan dan Hidro Oseanografi di jawatan itu, tinggi gelombang pasang bisa mencapai 1,2 meter di atas permukaan air laut. Menurut perhitungannya, tinggi gelombang pasang belum akan menyebabkan banjir bila masih berada di ambang batas 0,9 hingga 1 meter.

"Bila bersamaan dengan tiupan angin dari arah tenggara atau timur, tinggi gelombang bisa bertambah 14 cm," kata Dede saat dihubungi Jumat 21/12. Sehingga, bila angin bertiup pada kurun waktu pasang naik, tinggi gelombang pasang bisa mencapai 1,34 meter.

"Bisa terjadi banjir seperti di Muara Baru beberapa waktu lalu," Dede memperingatkan. Gelombang pasang diperkirakan akan tiba pada pagi hari, sekitar pukul delapan hingga pukul sebelas.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) juga memperkirakan gelombang di Laut Jawa dan Laut Natuna Utara cukup besar, dengan tinggi 3-4 meter. Prediksi ini berlaku pada kurun tanggal 21-28 Desember.

Di Jakarta dan sekitarnya, BMG memprediksi cuaca hingga sepekan ke depan masih didominasi hujan. Dalam dua-tiga hari ke depan, hujan diperkirakan merata, turun sejak siang, sore hingga malam hari. Intensitas hujan berkisar ringan hingga sedang, dengan curah hingga 10 milimeter per jamnya.

Kelembaban udara hingga menjelang Natal diperkirakan 65-98 persen. "Waspadai juga terbentuknya awan kumulonimbus," kata staf informasi Meteorologi Publik BMG, Mia Khusnul Khotimah, saat dihubungi terpisah. Terbentuknya awan jenis ini kadang disertai kilat atau petir, dan berpotensi menimbulkan angin kencang berdurasi singkat pada sore hari.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com