Referensi

Jasa Web Design

Saturday, December 22, 2007

Air Pasang Mulai Naik Drastis

Jakarta: Limpasan air pasang dikawasan Muara Baru Jakarta Utara mulai memasuki daratan secara drastis sejak pukul 03.00, sabtu (22/12). Saat ini ketinggian air mencapai 1 meter di jalan dan permukiman.

Sartono, warga RW 17 Muara Baru, kelurahan Penjaringan Jakarta Utara menyebut air mulai masuk dari kawasan RT 20 RW 17 yang berbatasan dengan bibir pantai. Saat ini, beberapa titik di jalan Muara Baru Raya sudah tergenang sekitar 50 cm hingga 1 meter.

"Air sudah mulai masuk ke perumahan, warga saat ini sibuk memindahkan barang. Agaknya ini limpasan terbesar dibanding beberapa hari kemarin," kata dia.

Joko Tresno, operator di instalasi gedung pompa Waduk Pluit menyebut, air naik sekitar pukul 03.00 dinihari tadi. Saat itu, batas outlet instalasi pompa sudah terlampaui oleh air, yang berarti ketinggian limpasan mencapai hampir 2 meter.

"Kami terus berupaya memompa, saat ini 3 pompa kami masih berjalan. Tadi pagi, pompa sempat ngadat karena tersendat sampah," ujarnya. Di instalasi itu, ketinggian air mencapai minus 180 cm pada pukul 07.00 pagi atau lebih 10 cm dari batas normal setinggi minus 190 cm.

Informasi mengenai mulai naiknya air laut pun ditunjukkan pintu air Pasar Ikan. Data di pintu utama pesisir tersebut menunjuk angka 2 meter pada pukul 07.30. Sementara pada pukul 04.00 dinihari, air sudah mencapai 196 cm. "Air sudah melimpas kemana-mana, padahal tadi malam surut jauh dibawah normal, menjadi 75 cm (normal 160 cm)," kata Zaenal, petugas pintu air tersebut.

Kemarin, tanggul pembatas laut sepanangh 300 meter di pesisir Muara Baru mulai ditinggikan. Semula, tanggul tersebut hanya setinggi 50 cm hingga 150 cm. Akibatnya, air pasang yang mencapai 180 cm lebih bisa memasuki daratan. Tanggul sepanjang 300 meter itu pun ditambah ketinggiannya sebanyak 30 cm oleh 18 meter kubik karung pasir.

"Tanggul ini ditinggikan mengingat ada ancaman banjir mulai sabtu besok," kata Lurah Penjaringan Budi Santoso.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com