Referensi

Jasa Web Design

Wednesday, January 2, 2008

TEMPO Interaktif, Bangkok: Samak Sundaravej, pemimpin Partai Kekuatan Rakyat (PPP), mengumumkan pembentukan pemerintah koalisi dengan tiga partai kecil pada Senin malam lalu. Partai yang bersekutu dengan Thaksin Shinawatra itu berkoalisi untuk mencapai mayoritas kursi parlemen.

Samak menyatakan partainya, yang menang dengan 233 dari 480 kursi parlemen, berkolisi dengan Ruamjai Thai Chart Pattana, Matchima Thipataya dan Pracharaj. "Keempat partai setuju untuk bekerja sama dalam membentuk pemerintahan dan kami yakin dapat membentuknya," kata Samak.

Koalisi ini akan menguasai 254 kursi parlemen. Tapi, jumlah kursi ini dapat berkurang menjadi 251 jika kemenangan tiga anggota PPP di Provinsi Buri Ram dibatalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena diduga terjadi pelanggaran.

Tapi, menurut Samak, partainya juga sedang menggalang dukungan dari partai Chart Thai dan Puea Pandin, sehingga koalisi ini akan menjadi 315 kursi. Dengan koalisi lima partai ini, Samak mengatakan, pembatalan kemenangan di Provinsi Buri Ram tak akan mempengaruhi koalisi.

Banharn Silpa-archa, pemimpin Chart Thai, menyatakan akan beruding dulu dengan pemimpin Puea Pandin dan akan mengumumkan keputusan mereka pada hari ini.

Partai Demokrat, yang meraih 165 kursi, menolak bergabung dengan pemerintahan pimpinan PPP. Partai itu malah menyatakan akan membentuk pemerintahan bila PPP gagal.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com