Referensi

Jasa Web Design

Wednesday, January 2, 2008

Tangerang: Petugas Bea dan Cukai Bandar Udara Soekarno Hatta menyita dua lukisan kuno senilai Rp 2,5 Milyar yang dibawa dari Amsterdam, Belanda.Lukisan yang diperkirakan berusia 100 tahun itu merupakan dua dari 14 lukisan yang dibawa oleh seorang berinisial LRS.

"Lukisan yang disita, baru dua dari lima lukisan berharga mahal yang dinformasikan Bea Cukai Belanda,"ujar Eko Darmanto, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Rabu (2/1).


Penyitaan barang itu, kata Eko, dilakukan karena dibawa ke Indonesia dan masuk ke dalam wilayah kepabeanan tanpa memberitahukan barang-barang tersebut dalam Custom Declaration. Tindakan tersebut berpotensi merugikan keuangan negara sebesar Rp 1,194 Milyar yaitu dari total bea masuk dan pajak dalam rangka impor dan sanksi addministrasi. "Dari dua lukisan tersebut,telah diselamatkan penerimaan negara sebesar Rp 500 juta,"kata Eko.

Lukisan itu diselundupkan dari Belanda oleh LSR yang mengaku hanya sebagai kurir. Ia terbang dari Bandara Schipol Amsterdam dengan menggunakan pesawat Singapore Arlines SQ323, transit di Singapore lalu melanjutkan perjalanan ke Jakarta menggunakan pesawat Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ 954.

Menurut Eko,pihaknya diberitahukan Bea Cukai Belanda bahwa penumpang tersebut membawa sejumlah lukisan senilai 308.500 euro atau sekitar Rp 4,2 Milyar. Dari lima lukisan yang diinformasikan, baru dua lukisan senilai Rp 2,5 milyar yang berhasil dicegah. Dua lukisan bergambar merpati putih dan petani bersama sapi ditengah pasar jaman dulu lengkap dengan bingkainya merupakan dua dari 14 lukisan yang dibawa.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com