Referensi

Jasa Web Design

Monday, January 7, 2008

Jakarta: Penggunaan piranti lunak (software) diperkirakan meningkat pada tahun ini seiring dengan realisasi program pemerintah. Menurut Ketua Asosiasi Piranti Lunak Indonesia (Aspiluki) Djarot Subiantoro, ada dua alasan yang membuat konsumsi software meningkat.

Pertama, ia meneruskan, peningkatan kesadaran publik dalam memanfaatkan Information Communication Technology (ICT). Sedangkan yang kedua, banyak program pemerintah yang harus direalisasikan menejlang tutup tahun kabinet pada 2009.

"Realisasi program pemerintah harus segera diwujudkan," katanya Kamis pekan lalu kepada Tempo di Jakarta. Geliat pemerintah dalam pemanfaatan piranti lunak ini misalnya di bidang industri, perdagangan, infrastruktur, dan hiburan.

Namun, Djarot tak mengungkapkan berapa persen peningkatan konsumsi piranti lunak jika dibandingkan dengan tahun lalu. “Data detil masih kami kumpulkan.”

Menurut dia, pemakaian software masih didominasi oleh sektor industri, keuangan, telekomunikasi, dan manufaktur. Apalagi Departemen perindustrian menargetkan pertumbuhan industri ICT sebesar 11,2 persen tahun ini.

Perkembangan open source yang digalakkan oleh pemerintah pun akan semakin meramaikan software di Indonesia. Begitu juga dengan pelaksanaan e-government dan ICT Award. Ajang lomba ICT Award digelar oleh pemerintah untuk mencari jago-jago di bidang teknologi informasi.

Djarot mengungkapkan kecenderungan masyarakat benar-benar menggunakan komputer sehingga menjadi kebutuhan juga menjadi salah satu penyebab perkembangan penggunaan software pada 2008. “Masyarakat tak sekedar membeli tapi lebih kepada fungsi penggunaan yang sebenarnya," ujarnya.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com