Referensi

Jasa Web Design

Tuesday, January 8, 2008

Bertarung di Funtastic Squad

Dengan modal mahir berbahasa Inggris dan berwawasan luas, empat orang siswa sekolah menengah atas yang terpilih bisa keliling Amerika Serikat. Ya, itulah tiket yang siap diperebutkan para pelajar di empat kota, yakni Jakarta, Denpasar, Makassar, dan Banda Aceh.

Para pelajar itu adalah peserta kuis "Indonesian Funtastic Squad" yang mulai ditayangkan TVRI kemarin. Sebanyak 16 pelajar yang disaring melalui sebuah audisi akan bertanding dalam kuis baru itu.

Kuis berbahasa Inggris ini hadir tiap Minggu malam pukul 20.00 WIB dan berlangsung selama enam episode. Para peserta dari empat daerah bersaing secara individu untuk melewati tiga segmen tantangan. Dari 16 orang itu, pada akhirnya akan keluar empat orang pemenang.

Pada segmen pertama, "Smart", peserta diuji kemampuan mendengar bahasa Inggris yang di-setting seperti cerdas cermat. Setelah lolos, mereka masuk ke segmen "Confident", yang mengandalkan kepercayaan diri dan wawasan luas. Pada segmen ini para pelajar berlomba menonjolkan kemampuan berbicara dengan bahasa Inggris.

"Peserta harus bisa menceritakan apa saja tentang sebuah kata yang dipilih secara acak. Kata itu bisa nama sebuah tempat atau yang lainnya," ujar Chaerini, produser kuis, Rabu lalu.

Jika mampu melewati dua tantangan tersebut, segmen "Funtastic" menanti mereka untuk memamerkan kemampuan menyusun kata acak menjadi sebuah kalimat sempurna.

Peserta yang lolos dalam kompetisi ini akan masuk ke zona kompetisi tahap kedua berskala nasional. Dari 16 peserta, hanya tersisa delapan orang yang tergabung dalam dua tim. Tim yang lolos dalam tantangan adu debatlah yang bakal keliling Amerika Serikat.

Hadiah utama tersebut datang dari kedutaan besar Amerika Serikat di Indonesia. "Acara ini diharapkan memberikan edukasi bagi pelajar di Indonesia," ujar Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Cameron Hume.

Ini kuis ketiga berbahasa inggris yang diselenggarakan TVRI. Sebelumnya, ada kuis "Battle of Wits" dan "English for Fun" yang telah tampil sejak 2003. "Battle of Wits" merupakan kuis debat dengan menggunakan bahasa inggris. Kuis ini diikuti oleh pelajar SMA dan mahasiswa.

Sedangkan "English for Fun" adalah kuis tanya jawab, dilakukan antara peserta dan pembawa acara yang juga "orang bule". Dari dua kuis itu, hanya "English for Fun" yang masih bertahan hingga kini.

Bisa dikatakan "Funtastic Squad" merupakan gabungan antara kedua kuis tersebut. "Format kuis ini memang agak mirip dengan yang sudah-sudah. "Funtastic Squad" seperti kombinasi dari keduanya," ujar Chaerini. Namun, jika dilihat dari hadiah yang direbutkan, boleh dibilang hadiah kuis baru ini paling menantang.

Salah seorang peserta asal Jakarta, Elisa Samantha, mengaku sangat antusias mengikuti kuis ini. Tapi remaja kelas I SMAN 1 Bekasi itu mengaku tak punya persiapan apa-apa untuk mengikuti kuis ini. "Dijalanin aja," ujarnya.

Ini salah satu kuis pendidikan di antara langkanya kuis serupa dalam deretan tayangan layar kaca. Kebanyakan kuis yang tampil di televisi lebih sebagai hiburan belaka. Bahkan ada kuis mirip pertandingan tujuh belasan. Dengan iming-iming hadiah menggiurkan, para peserta rela melakukan hal apa saja.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com