Referensi

Jasa Web Design

Wednesday, January 9, 2008

Samarinda:Sebanyak 21.538 guru di Kalimantan Timur belum mengantongi ijazah sarjana. Guru terbanyak yang belum menyelesaikan sarjana untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang mencapai 14.082 orang.

Dinas Pendidikan memperkirakan hingga 10 tahun mendatang persoalan ini tidak bisa tertangani. Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan Kalimantan Timur Harimurti mengungkapkan kesulitan yang dihadapi untuk mengentaskan masalah ini karena minimnya sekolah tinggi yang dinyatakan bisa melakukan kualifikasi.

"Hanya ada 3 universitas yang memiliki program atau fakultas pendidikan untuk melakukan kualifikasi," ujarnya. Kesulitan lainnya adalah tertutupnya peluang mengadakan guru kontrak untuk pengganti guru yang akan disekolahkan menuntut sarjana.

"Kalau tidak ada guru kontrak siapa yang menggantikan para guru yang akan kuliah," kata Harimurti.

Tiga universitas masing-masing Universitas Mulawarman, IKIP PGRI Samarinda dan Universitas Borneo di Kota Tarakan. Hari merasa kesulitan jika para guru yang ada di Kabupaten Kutai Barat.

Saat ini jumlah guru di Kaltim secara keseluruhan berjumlah 31.837 untuk semua tingkatan. Dengan status guru yang belum memiliki ijazah sarjana ini dipastikan tidak bisa mengikuti sertifikasi guru.

"Kalau berbicara mutu guru seperti sekarang, Kaltim dihadapkan dengan persoalan kualifikasi untuk mensarjanakan para guru," ungkap Hari.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com