Referensi

Jasa Web Design

Wednesday, January 9, 2008

New Hampsire:Hillary Clinton memenangi kaukus Partai Demokrat di negara bagian New Hampshire, Ameriksa Serikat, Selasa (8/1) waktu setempat. Ia mengalahkan rivalnya, Barack Obama, Gubernur New Mexico Bill Richardson, dan Dennis Kucinich.

Kemenangan ini memperbesar kemungkinannya untuk terus maju menjadi salah satu kandidat calon presiden Demokrat setelah hanya berhasil menduduki tempat ketiga di Kaukus Iowa.

Obama unggul di Kaukus Iowa pada 3 Januari lalu. Perolehan suaranya lebih banyak 13 persen dibanding Clinton. Kaukus adalah sebutan bagi perkumpulan partai tingkat lokal untuk memutuskan calon yang akan diajukan, dalam hal ini sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Obama menanggapi kemenangan Clinton dengan sportif. "Ia (Clinton) memperoleh kemenangan ini berkat kerja kerasnya," katanya.

Kemenangan di New Hampshire ini memperketat posisi Clinton dan Obama. Sejumlah pihak menilai kemenangan ini berkat upaya Clinton meraih simpati saat kampanye sehari sebelumnya. Mantan first lady Amerika Serikat ini hampir menangis saat berpidato mengenai makna layanan publik bagi dirinya.

Obama dan Clinton masih terus bersaing memperebutkan siapa yang berhak mewakili partainya dalam pemilihan presiden. Mereka harus mengumpulkan dukungan sebesar-besarnya sebelum kaukus yang dilaksanakan serentak di 22 negara bagian, 5 Februari mendatang. Dengan lebih dari 20 negara bagian yang menggelar kaukus pada tanggal itu, ada kemungkinan sudah bisa diketahui satu calon presiden dari masing-masing partai.

Sementara itu, di kubu Republik, Senator Arizona John McCain semakin mengukuhkan posisinya. Ia telah berhasil bangkit dari keterpurukan dan mengalahkan rivalnya, Mitt Romney. Sebelumnya, pada musim panas tahun lalu, McCain hampir tersingkir dari bursa calon presiden karena kekurangan dana dan tidak memiliki juru kampanye.

"Malam ini saya berhasil menunjukkan apa sebenarnya yang dimaksud dengan kembali beraksi," ujar McCain di tengah seruan pendukungnya.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com