Referensi

Jasa Web Design

Wednesday, January 9, 2008

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Kedutaan Besar RI (KBRI) Kuala Lumpur memanfaatkan delapan TKW di penampungan yang sedang berjuang menuntut keadilan dan upah yang tidak dibayar majikan, sebagai staf imigrasi untuk mempercepat proses pengurusan paspor dari satu hari menjadi tiga jam.

"Kami kekurangan tenaga untuk melayani ribuan TKI atau WNI yang mengurus paspor. Atas pertimbangan kemanusiaan, kami memanfaatkan TKW di penampungan membantu di bagian imigrasi. Dengan tambahan tenaga itu, kami bisa mempercepat proses pengurusan paspor dari satu hari menjadi tiga jam," kata Kuasa Usaha Ad-Interim KBRI Kuala Lumpur, Tatang B Razak, Rabu.

Para TKW itu diberi upah 500 ringgit atau sekitar Rp1,2 juta per bulan. "Dari pada mereka bengong-bengong berbulan-bulan menunggu proses di pengadilan, maka kami pilih yang punya keterampilan dan perilakunya baik untuk membantu menjadi staf imigrasi," katanya.

Misalkan, Widji Lini Setiawati (22) asal Jateng yang diperkosa majikan di Kelantan, telah dipekerjakan selama empat bulan. "Kasus pemerkosaan saya sudah dua kali sidang di pengadilan Kelantan," katanya, sambil bekerja di depan komputer baru.

Begitu pula, Endang Riwayati (24), PRT asal Lampung ini sedang menuntut gajinya yang tidak dibayar majikannya di Pahang, Kuantan, selama empat tahun tiga bulan.

Selain itu, Nirmala Bonat, PRT asal NTT yang sedang menuntut keadilan atas penyiksaan yang dilakukan majikannya sekitar 3,5 tahun, juga diperbantukan di bidang proses laminating.

Heni Indrayani (17) asal Lampung, dan Parwati (23) asal Jateng, keduanya korban penyiksaan majikan Malaysia, membantu proses laminating di bagian imigrasi dengan upah 500 ringgit per bulan. (*)

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com