Referensi

Jasa Web Design

Sunday, February 24, 2008

TEMPO Interaktif, Jakarta: Setelah mengeluarkan layanan mobile wallet T-Cash, Telkomsel berencana akan mengeluarkan layanan transfer uang melalui telepon selular. Menurut Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel, Syarif Syarial Ahmad, Telkomsel telah mengajukan surat izin kepada Bank Indonesia sejak bulan Januari lalu.

"Saat ini kita sedang menunggu izin dari Bank Indonesia," katanya, di Jakarta, Sabtu (23/2). Ada kemungkinan, lanjut Syarif, izin tersebut bisa keluar pada Maret nanti. Setelah izin keluar, pihaknya akan segera melaksakan salah satu layanan e-money tersebut. Untuk merealisasikannya, Telkomsel pun sudah bekerjasama dengan sejumlah bank milik pemerintah, seperti Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank Syariah Muamalat.

Namun, Analis Madya Senior Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Puji Atmoko, menyatakan pihaknya belum menerima permintaan izin dari Telkomsel mengenai layanan transfer uang melalui ponsel itu. Dalam urusan ini, BI merupakan pemegang wewenang dalam mengeluarkan izin dalam sistem pembayaran. "Kita belum terima surat permintaan izin dari Telkomsel," kata Puji kepada Tempo.

Menurut dia, pihak Telkomsel terakhir menerima izin dari BI untuk menjalankan mobile wallet yaitu T-Cash. Layanan konten itu pun sudah direalisasikan operator terbesar di Indonesia itu, pada November lalu. Sedangkan untuk layanan transfer melalui ponsel, Puji menegaskan pihak BI belum menerima permintaan izinnya.

Layanan transfer uang model yang satu ini, Puji melanjutkan, pihak BI memang masih terus mengkaji. Untuk mengeluarkan izin tentu perlu proses, persyaratan, dan aturan yang jelas. "Seperti M-banking yang telah berjalan, transfer uang yang dilakukan jelas," katanya.

Puji menambahkan, jika operator yang akan menjalankan layanan tersebut nantinya bekerjasama dengan bank tentu tidak akan ada masalah. Operator pun harus mengetahui benar bahwa nomor ponsel tersebut adalah benar-benar milik si empunya ponsel. "Harus jelas siapa pengirimnya, siapa penerimanya," kata dia.

Namun, Puji menyarankan, sebaiknya Telkomsel lebih fokus dahulu dengan layanan mobile wallet T-Cash yang baru mereka luncurkan. Menurut dia, konten yang satu ini belum banyak terlihat perkembangannya. "Pelanggannya dibiasakan dulu dengan layanan transaksi itu (T-cash), baru nanti perkenalkan layanan yang baru itu," katanya.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com