Referensi

Jasa Web Design

Tuesday, February 26, 2008

Proteksi Beras Untuk Menjaga Harga

Jakarta:Pemerintah mengklaim kebijakan proteksi beras berdampak positif terhadap pembentukan harga di dalam negeri. Hal ini terlihat dari kenaikan harga beras internasional sehingga menyamai beras lokal saat ini. "Ini indikator yang menunjukkan pemerintah mampu menjaga harga beras di dalam negeri," ujar Menteri Pertanian Anton Apriyantono, Senin (25/2).

Bentuk proteksi terhadap komoditas beras diantaranya adalah penetapan jumlah beras tertentu yang boleh diimpor, waktu tertentu untuk melakukan impor dan dikenakannya bea masuk untuk impor tersebut. "Dan hanya Bulog yang ditunjuk sebagai importir," kata Anton.

Namun dia mengakui, membaiknya harga beras tidak otomatis menghilangkan masalah pangan saat ini terkait keterjangkauan harga dan kesejahteraan petani. "Daya beli masyarakat masih terbatas dan harga pangan sekarang sudah bisa ditentukan pasar berjangka di luar negeri," ujarnya.

Petumbuhan produksi padi 4,8 persen pada 2007 dinilai sudah pas dengan tingkat konsumsi. Menurut Anton, impor yang dilakukan Bulog hanya untuk memperkuat stok.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com