Referensi

Jasa Web Design

Saturday, March 1, 2008

Menyusul laporan peneliti IPB, Dr. Sri Estuningsih, tentang adanya bakteri Enterobacter sakazakii dalam susu formula, Yanwarinson, 36 tahun, warga Kompleks Polri Ampera Raya, Jakarta Selatan, melaporkan putri sulungnya terserang bakteri tersebut.

Pengaduan tersebut ia sampaikan ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia. "Kejadiannya 20 Januari 2007 silam," katanya pada acara bincang-bincang Radio Trijaya di Warung Daun Cikini, Sabtu (1/3).

Menurut Yanwarinson, hal itu ia ketahui dari laporan laboratorium yang memeriksa anaknya. "Laboratorium itu rujukan dokter," katanya. Hasil laboratorium di bilangan Warung Buncit, Mampang Prapatan, itu menyebutkan anaknya terserang Enterobacter sakazakii. "Setelah saya cek lagi surat dari lab, benar Enterobacter sakazakii," katanya

Ketika itu, kata dia, putrinya Nadine Manuela yang berusia 4 bulan mengalami diare dan mencret-mencret. "Padahal fisiknya bagus," ujar Anita, ibu dari Nadine. Sejak lahir Nadine sudah diberi susu formula. "ASI ibunya tidak banyak," kata Yanwarinson.

Anita mengatakan feses anaknya encer dan berwarna coklat hijau, kemudian hitam dengan bau yang menyengat. Yanwarinson dan Anita kemudian memeriksakan Nadine ke rumah sakit di bilangan Kebayoran Baru. "Dokter bilang hanya alergi susu dan memberi obat," katanya.

Tak puas keterangan satu dokter, Yanwarinson dan Anita juga berganti-ganti dokter untuk memeriksakan kondisi Nadine. Selain itu, mereka juga memutuskan berganti merek susu. "Kemungkinan susunya yang tidak sesuai," ujar Anita yang juga memberi air susu ibu kepada putrinya tersebut.

Kini, kata Yanwarinson, putrinya sudah berusia 16 bulan. "Pencernaannya mudah sensitif," ujar Anita. Diberi makanan apa pun, kata Anita, putrinya mudah mencret.

Mantan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Husna Zahir, menyatakan YLKI membuka pengaduan dari masyarakat berkait hasil riset mengenai Enterobacter sakazakii dalam susu formula. "Memang baru satu yang melapor," katanya.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com