Referensi

Jasa Web Design

Saturday, June 7, 2008

Status Soputan Siaga, Semeru Waspada

Minahasa Selatan: Peningkatan status dari waspada menjadi siaga ditetapkan petugas Pos Pemantau Gunung Soputan yang berada di Desa Maliku, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Status siaga ini setelah Kamis malam silam terjadi letusan yang disertai bunyi gemuruh. Hingga Jumat (6/6) petang, terjadi beberapa gempa vulkanik dengan skala amplitudo hingga 45 milimeter.

Meski telah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik, warga Desa Maliku yang berada di kaki gunung belum dianjurkan untuk mengungsi. Mereka tetap dapat menjalani kegiatan seperti biasa. Hampir setiap tahun gunung berapi setinggi 1.783 meter dari atas permukaan laut (mdpl) itu menunjukkan aktivitasnya. Pada Oktober tahun silam, akibat letusan gunung, sebagian daerah Minahasa dan Minahasa Selatan tertutup debu.

Adapun pihak Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Bandung, Jawa Barat, menurunkan status Gunung Semeru dari siaga ke waspada menyusul terjadinya penurunan aktivitas. Gunung yang memiliki ketinggian 3.767 mdpl itu rutin mengeluarkan letusan dengan interval 20 hingga 30 menit sekali. Itu berarti sama seperti saat Gunung Semeru berstatus waspada

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com