Referensi

Jasa Web Design

Tuesday, June 17, 2008

Bekasi: Pintu jalan tol utama Pondok Gede akan dipindahkan dari kilometer (KM) 7 ke KM 29.200 di Cikarang untuk menghindari konflik kemacetan di jalur masuk Jakarta. Sekarang, proses pemindahan masih tahap pembebasan lahan seluas sekitar 10 hektare milik warga.

"Digeser lebih keluar (dari ibukota) supaya tak terjadi kemacetan," kata Juru bicara PT Jasa Marga Zuhdi Saragih kepada Tempo di Jakarta kemarin. Ia menerangkan, jumlah kendaraan yang lalu-lalang setiap hari di pintu itu sekitar 2 juta kendaraan. Jumlah yang begitu besar, menurut dia, membuat tak bisa semua kendaraan sekaligus masuk ke Jakarta.

Kalau pintu tol Pondok Gede sudah dipindah, Zuhdi meneruskan, pembayaran tol dilakukan di pintu masuk ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Dari arah timur, transaksi dilakukan di pintu tol Cikampek, Dawuan, Bekasi Timur, dan Bekasi Barat. "Pintu Pondok Gede bakal diratakan dengan tanah.”

Menurut Kepala Jasa Marga Cabang Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Robert Sitorus, pintu tol Cikarang Utama yang akan dibangun itu dilengkapi 34 loket pembayaran. Jumlah loket pembayaran lebih banyak dibanding dengan pintu tol Pondok Gede yang hanya memiliki 26 loket. “Desain dan tender proyek sudah kelar."

Pembangunan enam pintu tol --- masing-masing tiga pintu masuk dan keluar -- untuk mengurangi kemacetan juga akan dilakukan di kawasan Lippo Cikarang di KM 34.7 ruas Jakarta-Cikampek. Proyek yang diperkirakan butuh biaya Rp 110 miliar ini nantinya menghubungkan dua kawasan industri dan perumahan, yakni Lippo dan Jababeka, langsung ke tol Jakarta-Cikampek. "Dananya kerjasama antara Lippo Cikarang dan Jababeka, " Harun Permadi, Managing Director PT Lippo Cikarang Tbk., kepada Tempo. (Koran Tempo, 9 April)

Nah, untuk mempermudah akses ke kawasan Jababeka dibangun jalan layang ke arah timur melintas di atas Kali Malang. enurut Harun, proyek selama setahun ini masih tahap perizinan ke Jasa Marga sebagai regulator jalan tol. Proyek sedianya mulai akhir 2008 dan kelar 2009.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com