Referensi

Jasa Web Design

Tuesday, June 17, 2008

Tersangka Pembom Benazir Dibebaskan

Karachi: Pemerintah Pakistan telah membebaskan Qari Saifullah Akhtar, tersangka pembom Benazir Bhutto. "Kami membebaskannya pada Jumat lalu setelah masa penahannya kedaluwarsa," kata Inspektur Jenderal Penjara Yamin Khan pada hari ini.

Tapi, Hashmat Habib, pengacara Akhtar, mengatakan bahwa kliennya dibebaskan karena kurangnya bukti untuk menahannya. "Dia orang yang merdeka. Tak ada kasus apapun untuknya di seluruh Pakistan," kata Habib.

Akhtar diduga sebagai milisi Al-Qiadah yang terlibat dalam pemboman dalam parade penyambutan kepulangan Benazir di Karachi pada Oktober tahun lalu. Benazir selamat, tapi serangan itu menewaskan 139 orang. Benazir menuduh Akhtar terlibat dalam serangan itu.

Akhtar ditahan, tapi kemudian dibebaskan dengan uang jaminan oleh pengadilan di Karachi setelah polisi mengaku tak bukti untuk mendakwanya. Namun, dia kemudian ditahan kembali pada akhir Maret atas nama penegakan hukum publik.

Akhtar pernah sekali memimpin Harkat Jihad-e-Islami, kelompok pendukung utama Pakistan untuk gerakan Taliban, dan menghabiskan hidupnya sebelum 2004 di Afganistan. Aparat keamanan mengatakan Akhtar telah bebeberapa kali bertemu pemimpin Al-Qaidah, Usamah bin Ladin.

Akhtar pernah ditangkap di Uni Emirat Arab pada Agustus 2004 dan diekstradisi ke Pakistan. Tapi, Pakistan membebaskannya dengan alasan yang kurang jelas.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com