Referensi

Jasa Web Design

Wednesday, June 18, 2008

Ambon Diguncang Gempa 4,7 SR

Ambon (ANTARA News) - Pulau Ambon dan Pulau Banda pada Rabu sekira 14.37 WIT diguncang gempa tektonik berkekuatan 4,7 Skala Richter (SR), demikian laporan dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Ambon.

BMG menyebutkan, posisi gempa berada pada 04.25 Lintang Selatan (LS) dan 129,51 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 18 kilometer di bawah permukaan laut.

Lokasi gempa berada pada 160 kilometer sebelah Tenggara Pulau ambon atau lebih dekat ke Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Gempa tersebut tidak dirasakan di Kota dan Pulau Ambon, namun dirasakan di Pulau Banda sangat kuat, sehingga menimbulkan kepanikan warga yang berlarian keluar rumah dan mencari lapangan luas, guna menghindari diri dari kemungkinan tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa itu.

Berdasarkan laporan yang diterima ANTARA News, akibat gempa itu warga Pulau Rhun, Kepulauan Banda (Malteng) mengungsikan karena merasa khawatir akan terjadi gempa susulan yang lebih besar.

Kepala BMG Ambon, Benny Sipolo yang dikonfirmasi secara terpisah, membenarkan terjadinya gempa itu, namun sejauh ini belum menerima laporan adanya kerusakan bangunan.

Ia menambahkan, gempa itu tidak akan menimbulkan tsunami, sehingga masyarakat Banda diimbau untuk tidak panik.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com