Referensi

Jasa Web Design

Wednesday, June 18, 2008

Nikah Massal "Gay" California

RATUSAN pasang pengantin sama jenis berbondong-bondong ke kantor catatan sipil di banyak kota di negara bagian California, AS, Selasa. Macam-macam pakaian yang dikenakan mereka; ada yang cuma berkaos oblong, ada pula yang berjas tuxedo dan bergaun mahal.

Di kota San Diego saja, jumlah pegawai catatan sipil ditambah, dari biasanya 19 menjadi 78 orang. Hari itu, kantor tersebut mengeluarkan 230 surat nikah. Ini melebihi rekor yang dicetak pada Hari Valentine 2005 yang sebanyak 176.

Para pasangan gay itu memanfaatkan kesempatan hari Selasa tersebut untuk mencatatkan perkawinan mereka, karena ini merupakan hari pertama "kemenangan" mereka. Ya, setelah Pengadilan Tinggi menolak perlawanan hukum yang menghendaki undang-undang perkawinan gay dibatalkan.

Hanya California dan Massachusetts yang punya UU perkawinan gay. Namun, Massachusetts lebih ketat, karena hanya mengesahkan perkawinan sesama jenis yang ber-KTP negara bagian itu.

Di balai kota West Hollywood, datang bintang film George Takei yang menjadi Sulu dalam film "Star Trek", bersama pasangannya Brad Altman (21). Mereka kemudian mendapat surat nikah. Mereka berencana akan merayakan perkawinan pada September mendatang.

Surat nikah gay berbeda dengan surat nikah pasangan heteroseksual. Pada pasangan lain jenis, di surat nikah tertulis "mempelai pria" dan "mempelai wanita". Pada pasangan sejenis, di surat nikah tertulis, "pihak A" dan "pihak B".

Bersamaan dengan itu sejumlah aktivis konservatif yang menolak pengesahan perkawinan gay melakukan aksi demo di kantor-kantor catatan sipil. Namun, kehadiran mereka tidaklah mampu menghalangi prosesi pencatatan perkawinan kaum gay tersebut.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com