Referensi

Jasa Web Design

Friday, June 20, 2008

Material Misterius di Mars Mungkin Es

JAKARTA, JUMAT - Meski belum dapat membuktikannya secara langsung dari hasil pengukuran ilmiah, para ilmuwan yakin telah menemukan es di permukaan Mars. Hal tersebut dapat dilihat dari material misterius berwarna putih yang terlihat di permukaan Mars beberapa hari terakhir.

Foto-foto yang dikirimkan wahana Phoenix Mars Lander memperlihatkan material yang berwarna lebih cerah daripada lingkungan sekitarnya di ujung lokasi pengerukan sampel. Para ilmuwan yang terlibat dalam misi tersebut sempat penasaran apakah material tersebut benar-benar es seperti perkiraan selama ini atau onggokan garam.

Namun, setelah diamati hingga beberapa hari kemudian, luas bagian yang berwarna putih tersebut menghilang. Peter Smith, salah satu peneliti utama misi Phoenix, mengatakan, kemungkinan besar material tersebut memang es yang kemudian menguap setelah terpapar suhu yang lebih hangat di permukaan. Garam tak mungkin hilang karena tidak menguap.

Meski demikian, bukti lebih akurat ada tidaknya es di Mars masih terus digali dengan mempelajari sampel tanahnya. Phoenix tengah mempersiapkan pengambilan sampel berikutnya untuk melihat kemungkinan terbentuknya uap air.

Phoenix mendarat di daerah yang dekat dengan kutub utara Mars. Para ilmuwan yakin di bawah permukaan tanah tempat Phoenix berpijak terdapat es. Misi utama wahana pendarat milik badan antariksa AS ini membuktikan hal tersebut sekaligus mempelajari apakah lingkungan di planet merah tersebut mendukung kehidupan.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com