Referensi

Jasa Web Design

Sunday, June 29, 2008

ZHAO Danyang rela membayar 2.110.100 dolar AS (sekitar Rp 19,6 miliar) untuk bersantap siang bersama Warren Buffett.

Danyang adalah juragan perusahaan investasi Pureheart China Growth Investment Fund yang berbasis di Hongkong. Sedangkan Buffett adalah salah satu orang terkaya di Amerika Serikat. Chairman dan chief executive Berkshire Hathaway Inc tersebut dikenal piawai meracik investasi. Perusahaan investasinya itu memegang saham besar pada sejumlah perusahaan terkemuka seperti Coca-Cola Co, Anheuser-Busch Cos dan Wells Fargo & Co.

Buffett juga dikenal sebagai seorang dermawan. Kekayaan pribadinya, baik berupa uang, properti dan saham, yang mencapai 49 miliar dolar AS (Rp455.700.000.000.000) sudah ia ikrarkan akan disumbangkan ke lima yayasan sosial. Sebagian terbesar dari jumlah tersebut akan disumbangkan ke Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan milik pendiri Microsoft, Bill Gates yang barusan pensiun dari Microsoft Co.

Ikhwal angka hampir Rp 20 miliar untuk makan siang tersebut dicetak melalui lelang yang diselenggarakan perusahaan lelang online eBay. Yang punya gawe adalah sebuah yayasan sosial yang mengurusi kaum gelandangan di San Francisco, AS, bernama Glide Foundation. Yayasan ini tiap tahun butuh 12 juta dolar AS untuk membiayai kegiatannya.

Pemenang lelang, yakni Zhao Danyang, diumumkan oleh jurubicara Glide, Denise Lamott, Sabtu (28/6). Sedangkan kegiatan lelang diselenggarakan Jumat malam. Acara makan siang bersama Buffett tersebut sudah diselenggarakan sejak beberapa tahun silam, dan dilakukan setahun sekali. Pada tahun lalu pemenang lelang membayar 650.000 dolar AS.

Tawaran yang dilayangkan Danyang tentu saja merupakan rekor tersendiri, baik sebagai sebuah acara kegiatan amal yang pernah dibuat di AS, maupun bagi eBay. Rekor tertinggi yang pernah dicetak oleh eBay dalam lelang amalnya adalah ketika melelang sebuah sepeda motor Harley Davidson yang ditandatangani oleh sejumlah selebriti untuk kegiatan membantu korban tsunami. Sepeda motor itu laku 800.100 dolar AS.

Tentang kapan makan siang itu akan diselenggarakan, pihak yayasan menyerahkan keputusannya kepada Danyang dan Buffett. Yang pasti santap siang bertempat di Smith & Wollensky Steakhouse di New York City.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com