Referensi

Jasa Web Design

Friday, July 11, 2008

Jalan Suprapto Bebas Mobil

JAKARTA - Pemkodya Jakarta Pusat menggelar carfree day atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada Minggu (13/7) di Jalan Letjen Suprapto, Cempakaputih, mulai pukul 06.00 sampai 14.00. Dengan demikian, jalan sepanjang 3,2 km ini pada hari itu tidak boleh dilewati kendaraan bermotor, kecuali angkutan umum.

Kepala Sudin Dishub Jakpus Johny Aruan, Rabu (9/7) mengatakan, "Pukul 06.00-14.00 Jalan Letjen Suprapto ditutup dari perempatan depan ITC Cempaka Mas hingga simpang lima (depan Mal Atrium Senen)." Johny mengatakan, kendaraan pribadi dialihkan ke jalur alternatif.

Wakil Wali Kota Jakpus Chaerudin mengatakan, HBKB ini adalah yang pertama kali digelar oleh kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Biasanya, HBKB di Jalan MH Thamrin dan Jenderal Sudirman diselenggarakan oleh Pemprov DKI. "Kegiatan ini sesuai Instruksi Gubernur No 93 tahun 2007 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor," ujarnya.

Tingkat polusi atau partikel debu yang berterbangan di Jalan Letjen Suprapto rata-rata per tahun adalah 150 mikrogram meter kubik. Jumlah ini jauh di atas standar nasional sebanyak 60 mikrogram meter kubik. Jumlah ini juga di atas standar WHO sebanyak 20 mikrogram meter kubik.

Chaerudin menjelaskan, dipilihnya Jalan Letjen Suprapto lantaran jalan protokol ini memiliki beberapa kriteria, antara lain adanya sistem jalan melingkar dan memiliki jalan alternatif, panjang jalan minimal 2 km, dilewati angkutan umum dengan rute tetap, bisa digunakan untuk bersepeda, pejalan kaki, dan andong.

Jalan Letjen Suprapto juga memiliki areal parkir yang mencukupi, berada di kawasan perkantoran, perdagangan, dan perumahan serta memiliki potensi pencemaran udara.

Car free day dilaksanakan Pemprov DKI sejak September 2007 dan hingga bulan kemarin sudah delapan kali.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com