Referensi

Jasa Web Design

Thursday, August 14, 2008

Camilan Penghalau Stres

Saat stres mungkin banyak orang mengalihkan perhatian ke makanan. Ternyata hal ini tidak selamanya salah. Ada sejumlah makanan yang justru membantu tubuh berdamai dengan stres.

Makan, atau mengudap camilan memang hal yang paling nikmat dilakukan saat tubuh mengalami tekanan. Sayangnya, saat stres kita sering makan dengan cara impulsif, bukannya membantu tapi malah mengakibatkan kegemukan bahkan kolestrol.

Tapi ada beberapa makanan yang bisa menjadi sahabat disaat stres melanda.

1. Alpukat. Ini adalah kudapan creamy yang tepat dikala stres. Lemak tak jenuh tunggal dan potasium yang terdapat dalam alpukat bisa menurunkan tekanan darah. Fakta ini telah dipublikasikan oleh National Heart, Lung and Blood Institute, yang mengatakan setengah buah alpukat mampu memberi 487 miligram potasium.

2. Susu skim. Berbagai penelitian mendukung 'resep nenek moyang', yang mengatakan kalau susu hangat adalah formula yang tepat untuk mengatasi keluhan insomnia dan kelelahan penyebab stres.

3. Oatmeal. Karbohidrat membuat otak memproduksi lebih banyak serotonin. Makin lama tubuh menyerap karbohidrat semakin stabil aliran serotonin.

4. Jeruk. Mengkonsumsi jeruk dengan kadar vitamin C tinggi seperti 3000 mg, maka stres akan berkurang jauh lebih rendah. Tekanan darah dan kadar kortisol kembali ke taraf normal dengan lebih cepat.

5. Ikan salmon. Asam lemak Omega 3 adalah musuh utama hormone stress. Dan ini banyak terkandung dalam ikan salmon. Omega 3 bisa mencegah luapan kortisol dan adrenalin.

Jadi mulai sekarang, tak masalah jika Anda banyak makan pada saat stres, namun pastikan camilan yang Anda pilih adalah camilan penawar stres.

Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com