Referensi

Jasa Web Design

Monday, December 1, 2008

Guna mencegah penularan penyakit seksual dan HIV, para ibu rumah tangga seharusnya berani meminta agar suami memakai kondom setelah bepergian. Demikian salah satu poin yang mengemuka dalam konferensi kondom di Hotel JW Marriot, Jakarta, Senin (1/12).

Menurut artis Lula Kamal yang juga hadir sebagai pembicara, kesadaran menggunakan kondom justru belum dimiliki ibu rumah tangga yang sebenarnya bisa meminta suaminya memakai kondom untuk kesehatan reproduksi seksual. "Ini bukannya masalah percaya atau tidak percaya dalam rumah tangga. Namun, sebagai perempuan, mereka berhak atas kesehatan reproduksi. Kan enggak tahu suami habis dari luar kota, ya apa salahnya mencegah daripada mengobati," ujarnya.

Ia juga menyosialisasikan penggunaan kondom ke beberapa lokasi prostitusi, baik kepada wanita PSK maupun kepada muncikari. "Kalau untuk lokalisasi atau tempat pijat plus-plus, saya dekati pemiliknya untuk mem-push anak buahnya mau memaksa klien mereka menggunakan kondom. Ini bukan sesuatu yang tabu, kalau sudah ke tempat seperti itu, para pria itu kan memang ada niat untuk melakukan hubungan seks, jadi saya bukan menganjurkan, tapi menghentikan penyebaran HIV lebih luas," kata Lula yang aktif juga di aktivitas penanggulangan narkoba.

Ia juga menganjurkan kampanye kondom dengan cara-cara alternatif agar pesan dapat melekat di benak khalayak. "Kalau perlu pake lagu seperti penyanyi Dewiq dan Indra Bekti itu, atau lagu dangdut dan ringtone yang populer. Iklan di media televisi pun dapat dilakukan lebih intensif untuk mengubah mindset masyarakat tentang kondom," ujarnya.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com