Referensi

Jasa Web Design

Saturday, December 13, 2008

Estonia Pelopori Pemilu Lewat Ponsel

Kalau Indonesia masih bersikukuh pemilu dengan cara manual, Estonia jauh lebih maju. Negara di kawasan balti, Eropa itu akan menjadi negara pertama di dunia yang mengesahkan pemungutan suara melalui ponsel.

Parlemen Estonia sudah menetapkan undang-undang sebagai dasar hukum yang membolehkan penduduk memberikan suaranya melalui ponsel. Sistem yang diyakini akan snagat efektif itu akan dimulai pada Pemilu berikutnya tahun 2011.

Bukan kali ini saja pemerintah Estonia melakukan terobosan menggunakan teknologi. Tahun lalu, rakyat Estonia juga sudah dapat menggunakan Internet untuk melakukan pemungutan suara pemilihan anggota parlemen.

Tidak semua ponsel bisa dipakai untuk melakukan pemungutan suara. Pemilih harus menambahkan chip khusus yang telah diprogram dan disahkan untuk mengakses sistem pemungutan suara secara mobile ini.

Chip yang dapat diperoleh secara cuma-cuma disediakan SK Certification Center, lembaga yang juga mengeluarkan chip kartu tanda penduduk Estonia. Chip tersebut yang akan memproses suara yang dikirim lewat pesan SMS sehingga aman.

"Sistem dan software yang digunakan telah terbukti efektif, berjalan dengan baik, dan aman sesuai hasil audit independen," ujar Raul Kaidro, jurubicara SK Certification Center. Ia mengklaim sistem tersebut aman dari penyusupan dan kecurangan karena telah dilengkapi sistem tanda tangan digital.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com